Story of My Life

The UK College Life Part #2 – Biaya Hidup

new_college_university_of_edinburgh
University of Edinburgh – sq.wikipedia.org

“There’s no such thing as a neutral education process. Education is either functions as an instrument which is used to facilitate the integration of generations into the logic of the present system and bring about conformity to it, or it becomes the ‘practice of freedom’… (Freire)

Berbicara masalah perkuliahan memang selalu menarik untuk di perbincangkan. Banyak dari kita yang pernah melalui dunia sekolah dan tak sedikit pula yang mengalami jatuh bangunnya dunia perkuliahan. Meskipun terkadang terasa pedih (karena banyak tugas atau dosen yang ngeselin atau gebetan yang tak kunjung di dapat), dunia perkuliahan juga banyak memberi rasa manis yang sulit dilupakan.

giphy

Remember that day you were sitting on a seat in a graduation hall waiting for your name to be called upon? It’s exciting yet sad knowing that you might not see your friends anymore.

635982710352802559-662079533_failed-graduation-backflip-cool-guy-alert

Ah dunia kuliah memang selalu membawa sejuta cerita untuk dikenang. Maka bersyukurlah bagi kita yang bisa kuliah dan menikmati dunianya.

Lalu bagaimana dengan kuliah di negeri orang?

Ini bahkan lebih seru lagi. You have those myriad feelings that perhaps cannot be depicted by thousands of words. Ada rasa exciting di awal, homesick di tengah-tengah masa kuliah, cape dengan tugas yang begitu banyaknya, kendala dengan bahasa dan budaya, susah cari teman (apalagi teman hidup #eh), kehabisan uang padahal the next “salary” masih 20 harian lagi. Belum lagi percampuran antara rasa takut, gelisah, galau, bahagia, sedih, kangen, sakit dan lain sebagainya seakan bercampur menjadi satu membuat kamu seperti seorang yang kehilangan identitas.

eyrpuaz

Tapi ketika kamu bertemu rekan sesamamu dan tertawa bersama mereka, kamu menyadari bahwa mereka lah keluarga kamu di negeri orang ini. Mereka tempat kamu bercerita dan berkeluh kesah atau sekedar bercanda ala Indonesia yang berisik seakan ini negara sendiri.

Lalu kenangan itulah yang akan kamu kenang selamanya. There is always the day that you need to end the moment, back to the previous life track and say goodbye.

20161105_125221
Geng Edin

Melow!

Tapi memang manusiawi ya dimanapun kita berada, kita selalu mencoba mencari orang yang at least mirip kaya kita secara ras, etnis, agama, budaya, apalagi bahasa. Seterbuka apapun pikiran kita namun ketika kita bertemu orang dari negara yang sama, rasanya bahagia saja.

Kebayang dong kalau kamu the only one di negara atau kampus tempat kamu belajar. And that was what I experienced when I was in States, being the only Indonesian in the whole city. Terasa sepi dan sunyi seperti malam-malam yang aku lewati.

raw

Alah!

Haha but luckily, in the UK now, I have many Indonesian friends and family. At least ga terlalu kesepian lah dan bisa ngobrol bahasa Indonesia juga kalau cape dengan bahasa Inggris.

Agak panjang juga introduction nya haha… Sedikit curhat sih itu.

Beklah! kita lanjutkan cerita sederhana ini. Bagi yang belum baca cerita bagian pertama, silakan klik disini. Di bagian pertama kita sudah membahas sedikit mengenai niat kita kuliah di luar negeri, UK education system (Scotland precisely) in a nutshell, dan terakhir membahas tentang penerimaan kuliah dan biaya kuliah.

Okay mari kita lanjutkan!

4. Flat

czjzrbxuqaaidu0
The flat I’m living in – twitter.com

Kalau udah di UK, kata yang dipilih untuk menggambarkan tempat tinggal ya “flat” bukan apartment apalagi dormitory. Jika dibagian ke-3 kita membahas masalah mahalnya biaya kuliah, sekarang membahas salah satu komponen utama juga yaitu tempat tinggal.

Ada beberapa alasan yang bisa ambil dalam memutuskan mau tinggal dimana karena pilihannya banyak dan univ di UK biasanya menggaransi tempat tinggal bagi mahasiswa asing jika memmilih tinggal on campus.

  • Personality: Pikirkan mengenai kepribadian kamu, apakah kamu introvert, extrovert atau ambivert. Meskipun ga percaya denga label itu tapi ga ada salahnya lah di pikirin. Kalau kamu tipe orang yang lebih seneng sendiri (like me haha) better choose single room. Kalau extrovert dan ga masalah dengan kehadiran orang lain, you can choose twin room. Benefit single room ya kamu bebas melakukan apapun di kamar kamu, mau rapi, mau berantakan, mau setel musik keras, mau guling-guling ga jelas, bahkan mau naked pun its up to you hehe πŸ˜€ Tapi harga lebih mahal ya. Kalau twin room otomatis sharing dengan orang lain dan harga lebih murah. Tapi tenang bed nya berbeda kok, just perhaps you’re not gonna have a lot of freedom than that of single room. Dan mesti berpikiran terbuka, komunikasi yang baik serta kompromi. Kalau tidak kamu bakal susah dan merasa ga cocok. Cari teman sekamar yang at least punya kepribadian yang sama dengan kamu.
    20160315
    Tipikal single room di Edinburgh
  • Ensuite vs shared: Selain jenis kamar twin dan single, juga ada jenis en-suite dan shared. En-suite artinya punya kamar mandi sendiri. Kalau di kos-kosan istilahnya kamar mandi dalam. Kalau shared yang berarti sharing. Again, kembali ke diri kamu suka kamar mandi private atau sharing. Kamar single ada yang en-suite ada juga yang shared bathroom. Kalau twin udah pasti shared lah ya. Dari segi harga sewa, tentu en-suite lebih mahal daripada shared.
  • On campus vs. Off Campus: Kalau kamu lebih menyukai sesuatu yang simple dan sudah segala di urus, you can choose to live on campus. Artinya kamu stay di flat/ akomodasi punya kampus. Kebanyakan mahal ya tapi memang sudah include dengan bills (listrik, internet, air, pemanas) dan lebih dekat ke lokasi kampus. Kalau kamu lebih memilih off campus alias private, kamu mesti berusaha cari sendiri dan juga komunikasi dengan landlord nya (landlord = yang punya flat). Banyak situs yang bisa kamu akses meskipun kamu masih di Indo dan bisa lihat-lihat kamar serta lokasi. Tapi hati-hati penipuan juga ya. Jangan ngasih deposit kalau kamu belum berada di negara tujuan. Atau kalau ada teman di negara tujuan, better ask your friend to help you checking the flat out. Perhatikan juga lokasi. Kalau murah tapi jauh kemana-mana yang sayang juga karena kita bakal sering stay di kampus atau library lebih lama, maka cari yang aksesnya mudah either by walking or bus. Private biasanya belum termasuk bill tapi tetap jauh lebih murah daripada on campus. Lebih bagus lagi carinya barengan ama temen dari Indo terus sewa bareng-bareng. Biasanya flat private berbentuk rumah dengan beberapa kamar, dapur, living room dan bathroom. Kamu bakal punya keluarga baru deh karena sewa satu rumah orang Indo semua.funny-harlem-shake-food-dorm
  • Budgeting: Ini yang paling utama. Kalau kamu tidak terlalu memikirkan harga tapi let say lebih kepada kenyamanan (walau nyaman tidaknya itu subjektif), pilih aja on campus. Kalau memang mau lebih murah biar bisa save banyak uang buat jalan-jalan, ya pilih private.16406817_1124732414320157_547130285337452137_n
  • Cost: Nah kira-kira berapa harga sewanya? Asumsi bahwa kamu tinggal di kota selain London, perbulan bisa sekitar 500-900 pounds (perminggu sekitar 100-150 pounds) untuk setahun atau 10 bulan sewa. Itu untuk on campus ya. Kalau off campus mungkin sekitar 300-500 pounds per bulan. Kalau kamu tinggal di London, wah lebih mahal lagi dan tergantung zona dimana kamu tinggal. Zona 1-3 (deket pusat kota) bisa sangat mahal sekitar 1000-2000 pounds. Kalau zona luar (4-6) estimasi sekitar 700- 1500 pounds/ month dan itu harga private ya. On campus bisa lebih mahal lagi. Dan ingat tergantung jenis kamar dan lokasi.giphy
  • Types of rooms: Selain single dan twin di atas, banyak juga flat dengan tipe studio jadi punya kamar, dapur, kamar mandi dan small living room sendiri. Harga? Ya pasti mahal banget lah haha… untuk lebih pastinya silakan cek website akomodasi kampus tujuan masing-masing. Jangan di tawar ya kaya nawar tukang sayur. Harganya udah fixed. Banyak-banyak bertanya kalau tidak yakin dan paling utama lihat fasilitas, lokasi dan harga. Oh ya di on campus biasanya banyak disediakan ruang rekreasi (common room) kaya ruang bermain (ping-pong, billiard), ruang musik, ruang study dan lain sebagainya. Cukup lengkap.

    20160315
    Tipikal common room

Okay mungkin cukup segitu ya tentang flat. Selanjutnya living cost.

5. Living cost

lpm32614poor

Selain bayar uang kuliah dan sewa flat, kamu juga mesti punya uang untuk biaya hidup sehari-hari seperti:

a. Meals
Biaya makan menjadi salah satu biaya yang bisa membengkak juga. Apalagi kalau gaya hidup kaya sosialita. Harga makanan disini sangat mahal untuk ukuran kantong mahasiswa kere kaya aku haha… dan tergantung kota. Kaya London ya mahal banget. Edinburgh aja udah sangat mahal bagiku. Untuk makan siang di luar (resto-cafe) perlu sekitar 5-20 pounds. Belum makan malam dan sarapan. Ah.. sudahlah!

giphy
giphy.com

Rahasia biar hemat mending masak sendiri. Makan di luar sekali-kali aja misal twice a month. Kalau masak sendiri bisa jauh menekan biaya pengeluaran. Estimasi sebulan dengan masak sendiri dan seikit makan di luar perlu sekitar 100-200 pounds. Masaknya sayur aja lebih murah. Kalau perlu jadi vegetarian selama di UK haha.. πŸ˜€

Cari toko yang agak murah ya. Misal di UK yang agak murah untuk belanja kebutuhan sehari-hari itu dengan ranking termurah (kualitas tetep oke lah):

  • Lidl: supemarket cukup murah. 5 pounds bisa dapat sayuran banyak. Cuma suka antri lama pas bayar maklum karena murah jadi banyak yang kesini.js67862216
  • Tesco: Ini agak murah lah dan ada versi mini serta big dan express. Yang mini hanya menyediakan item-item penting saja tapi tetap ada sayuran dan daging.tescoexpress11-02-11-006
  • Sainsbury: Ini mungkin buat golongan menengah ke atas kali ya haha… cukup mahal tapi nyaman dan tak terlalu rame.

sainsburys-pen

  • Marks & Spencer: wah kalo di Indo MS itu toko baju cukup branded kan ya, di UK ternyata julana makanan juga. Cukup mahal tapi gapapa lah kali-kali belanja disini biar ga udik πŸ˜€marks-and-spencer_2
  • Waitrose: Nah ini sih emang mahal tapi lengkap dan qualitas barangnya oke punya. Seneng belanja disini apalagi kalau jadi anggota dapat minum kopi gratis. Apapun yang dicari ada disini termasuk jahe dan daun salam aihhh!alton-waitrose-3
  • Chinese supermarket: Ini mah wajib sih untuk belanja bahan-bahan kaya di Indo misal Indomie, beras pandan wangi, tahu, tempe, rempah-rempah, bumbu instan sampe petsin (MSG) ada disini. Agak mahal dikit tapi gapapa lah kalo memang pengen masak masakan Indo and impress your foreign friends πŸ˜€two-people-walking-past-a-chinese-supermarket-on-leith-walk-edinburgh-e7yatt
  • Toko-toko di atas umumnya buka sampe jam 11 malam. Nah, selain toko-toko di atas ada juga toko lokal punya orang lokal, Arab, Chinese atau India yang buka lebih lama dan cukup lengkap juga atau belanja online aja di Amazon bagi yang tidak suka berdesakan dengan bangsa lain haha. Happy shopping πŸ™‚

b. Fashion and Beauty
Walau di luar tetep harus gaya dong. Apalagi warga lokal UK sangat stylish dan fashionable jadi jangan kalah. Harga baju dan kecantikan otomatis mahal sih disini. Toko brand semacam H&M, Zara, Topshop, Cartier, Clark, you name it mahal-mahal. Belanja pas diskon aja ya. Kalau mau yang agak murah dikit bahkan cukup terjangkau ya Primark. I love Primark hehe.. πŸ˜€

dresden-primark
Primark

Untuk kecantikan dan obat bisa beli di Boots atau Superdrug. Cukup terjangkau dan lengkap atau kembali bisa beli di Amaozon UK. Gabung jadi member Amazon prime dan Amazon Student biar dapat free ongkir dan sehari sampe. Ikut yang trial nya aja haha.. πŸ˜€

c. Printing and Stationery
Printing cukup mahal meskipun di kampus. Bagi yang bisa baca online sih mending baca online aja. Kalau yang ga bisa kaya aku mau ga mau mesti print setiap jurnal dan bahan kuliah. Perlu sekitar 20 pounds untuk satu bulan. Cukup menguras dompet juga. Sedangkan untuk stationery ya mirip-mirip lah dengan di Indo. Bisa beli di Ryman, walau dapat diskon tetep aja cukup mahal. Kalau di Edinburgh yang agak murah itu Poundshaver. Bener-bener the saver of our pounds πŸ˜€

d. Halal food
Resto di UK sudah banyak yang bersertifkat halal ya, cuma tanpa logo MUI hehhee… untuk yang concern akan daging-dagingan, beli dagingnya di toko arab aja ya, Insya Allah dijamin kehalalanya.

mui-2947214_20130520111614

e. Communication cost
Biasanya di kampus, flat dan sekitar kota ada wifi gratis, jadi pake itu aja biar gretongan. Beli pulsa cukup mahal soalnya walau ada sih yang agak murah kaya giff-gaff cuma 10 pounds sebulan dapat 2GB data dan free telpon serta sms sesama giff-gaff. Cuma aku pelit orangnya haha jadi pake wifi aja yang gretongan. Selain giff-gaff ada juga Three UK atau O2 dengan promo dan kebijakan masing-masing. HP Indo bisa dipake ya, tinggal ganti SIM nya aja. Kalau yang dual SIM bahkan lebih bagus jadi nomor Indo tetep bisa di pake. Misal punyaku dual SIM jadi satu pake UK satu lagi tetep kartu Indo. Biar tetap aktif, SIM Indo mesti di setting roaming ya dan isi pulsa terus. Karena aku pake Telkomsel jadi kurang tahu untuk jenis kartu lain.

Beli pulsanya gimana?

Cari tukang voucher elektrik di pinggir jalan. Kidding haha! Bisa suruh temen atau keluarga di Indo atau beli online via MBCA atau KlikBCA. MBCA masih bisa di akses ya di UK. (Ini iklan perusahaan semua nih haha… it’s okay lah)

f. Transportation
Kalau masih bisa jalan mending jalan aja sambil menikmati kota. Misal jarak sekitar 30 menit mending jalan aja sekalian olahraga. Kalo jauh dan takut tersesat ya pake Bus kota atau Subway. Kalau sering dan mobilitas tinggi, langganan yang bulanan aja. Di Edinburgh harga tiket bus sekali jalan itu 1.60 pounds. Yang full day sehari itu 4 pounds. Kalau di London beli Oyster card dan beli paker perbulan kalau memang ke kampus mesti pake subway.

lothian37-2-1024x683
Bis kota di Edinburgh

Selain itu ada juga taksi yang mahal tapi bagus kaya di film Sherlock holmes πŸ˜€ Ada juga uber yang lebih murah dari taksi. Kalau GoJek tidak ada ya.

193
Tipikal taksi di Inggris

g. Health cost
Kalau sakit gimana? Wah mending jangan sampe sakit deh karena sistem disini agak rumit dan juga ga enak sakit di luar negeri karena ga ada pacar yang nemenin.

#Jomblo

Tapi tenang, di UK kalau kita sakit bisa di cover ama NHS jadi biaya rumah sakit dan klinik jauh lebih murah daripada private bahkan gratis. Cuma NHS ini pake sistem appoitment dan slot. Kalau penuh ya mau ga mau mesti nunggu lama. Kalau misal emergensi? Silakan calling NHS24 nanti mereka nanya-nanya. Dan kalau dianggap masih bisa bertahan, tetap mesti disuruh calling klinik lokal. Mereka hanya mengaggap emergensi kalau memang nyawa sudah di ujung tanduk.

Cara biar di cover NHS itu pas datang ke UK kamu mesti daftar diri di GP (General Practitioner) dekat dengan tempat tinggal kamu. Kalau beda area biasanya bakal di tolak kecuali GP yang dekat dengan flat kamu sudah penuh dan tidak terima pasien baru. So, it’s like first come first serve, jadi mesti buru2 daftar GP ya jangan nunggu nanti. Daftar nya free dan cuma kasih lihat ID sama passport terus suruh isi form.. then tara… otomatis data kita tersimpan di database mereka.

Selain GP, kamu mesti daftar dentist dan optician juga kalau pake kacamata. Dentist penting ya kalau-kalau kita sakit gigi mendadak karena kalo belum daftar kamu bisa dikenakan charge yang muahal. Dentist sifatnya disubsidi NHS jadi tidak total free kecuali examination. Kalau cabut gigi dan operasi gigi tetep mesti bayar, cuma agak murah lah ya. Kalau perawatan kawat gigi mahal dan tidak di cover NHS kayanya (CMIIW).

Kalau cuma panas atau batuk minum obat dari Indo aja jadi make sure bawa ya. Kalau kebetulan tak ada, beli Paracetamol atau Ibuprofen di Tesco atau Sainsbury terdekat. Murah kok dan cukup ampuh. Obat tersebut disebutnya painkiller atau out-of-counter medicine jadi tak perlu resep dokter.

imdying

h. Textbooks
Haduh bu harga textbooks disini mahal. Rata-rata sekitar 30-100 pounds lebih untuk satu buku. Jadi lebih baik pinjem di perpus kalau ada dan ya terpaksa beli kalo memang buku wajib. Kalau mau donlot online dan tersedia di internet mending keep it confidential karena berurusan dengan piracy. Biasanya perpus menyediakan juga versi online dan bisa di donlot. Untuk buku jangan pelit lah ya karena investasi juga sih.

635801017414971868-1959558786_xjyr9

i. Flight cost
Ya udah pasti harga tiket pesawat ke UK mahal sekitar 800 pounds one way. Tapi biasanya Garuda suka ada promo ke UK dan cukup murah. So, kalau memang ada rencana pulang ditengah rencana studi pantengin aja web Garuda Indonesia. Oh iya, dalam pemilihan pesawat juga cari yang ngasih bagasi lebih banyak. Misal Turkish Airlines ngasih 40kg free baggage untuk students.. yeay!! I love Turkish Airlines!

Alrite! Mungkin segitu aja dulu ya untuk part 2 ini karena sudah cape ngetik dan library mau tutup juga. Dilanjut di part 3 yang membahas point penting yaitu bagaimana untuk survive kuliah S2 di UK yang terkesan garang dengan workload yang super banyak dan fast-pace.

See ya later! Kindly click like kalau suka dan komen kalau ada yang ingin ditanyakan. Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak haha πŸ˜€

giphy

*****

Moray House Library, University of Edinburgh
10 February 2017

My gratitude to Chevening scholarship for making my dream comes true. Chevener all the way!

Advertisements

2 thoughts on “The UK College Life Part #2 – Biaya Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s