Beasiswa Global UGRAD

Beasiswa Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD in a glance)

In front of Jefferson Memorial

Well, its the time for me to spread word about one of the most prestigious and most esteemed exchange scholarshipsΒ  in the world. Why? because this scholarship is not just “sending” the promising students to study in the US, but goes beyond that. We are trained to be a good leader, to be a role model, and to be beneficial for the society by studying in the US, doing community service, internship, workshop, and a bunch of outstanding activities during this program.

After we finished this, we are monitored of what we are doing and our engagements in our countries. All of sudden, I got a new spirit to write this down after having the most awesome workshop, Global UGRAD Workshop a few days ago in Washington DC. Actually I was going to write about this since long time ago, but yeah, the time told me to do so now πŸ™‚

For this time, Im gonna write it in Bahasa Indonesia. Hopefully it can be such a good example of how to apply for this scholarship, the sequences, the requirements, the benefits once accepted as the grantee, and a little bit “secret” in order to succeedΒ  “overcoming” all the stages πŸ™‚

1. Apa itu Global UGRAD?

Global Undergraduate Exchange Program atau lebih dikenal dengan singkatan Global UGRAD adalah sebuah beasiswa exchange prestisius bagi mahasiswa S1 ke Amerika Serikat. Beasiswa ini tidak seperti beasiswa kursus bahasa Inggris tapi lebih ke mendapatkan pengalaman untuk belajar di berbagai universitas2 terkemuka di Amerika Serikat selama satu semester atau dua semester (satu tahun akademik) plus English Intensive up to 3 months bagi beberapa grantees.

Global UGRAD adalah program dari US Department of State sebagai sponsor utama plus dimanage oleh World Learning di Washington DC yang mengurus segala keperluan kita di Amerika dan yang memilih kita sebagai grantee. Sebelum terpilih ke Amerika, masing2 applicant di manage oleh US embassy di negaranya atau oleh Institusi yang mengatur beasiswa Fulbright di beberapa negara seperti di Indonesia yang di kelola oleh AMINEF (American-Indonesian Exchange Foundation).

with Ugraders from other countries during workshop in DC

Beasiswa ini bukan hanya untuk Indonesia tapi untuk 22 negara lainnya yang tersebar dari Asia Pasifik sampe Latin Amerika. World Learning mengelola Ugraders (sebutan penerima UGRAD) dari East Asia dan Pacific seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Cambodia, South Korea, China, Burma, etc dan di atur oleh dua orang advisor.

WL juga mengelola Ugraders dari Western Hemisphere seperti Panama, Costa Rica, Chille, Nicaragua, Haiti, etc dan di atur oleh dua orang advisor yang berbeda. Setiap negara mempunyai jumlah grantee yang berbeda2, dari 2 sampe 10 orang. Khusus Indonesia, setiap tahun dipilih 10 orang untuk terbang ke Amerika. Jadi, setiap tahunnya, jumlah penerima beasiswa ini melebihi 200 orang dan disebar keseluruh states di Amerika.

Selain itu, US Dept of State juga mempunya beberapa program exchange yang berbeda seperti Eurasia and Central Asia Exchange Program (administrated by IREX), NESA UGRAD khusus untuk negara seperti India, Nepal, UAE (administrated by American Council), dan Global UGRAD Pakistan yang grantee nya setiap tahun berjumlah 200 orang hanya dari Pakistan saja (administrated by IREX). Meskipun berbeda nama, kita bisa sekampus dengan mereka, cuma sedikit berbeda tugas dan ketentuan.

2. Tujuan dari Beasiswa UGRAD

Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk menjembatani hubungan antar negara2 target dengan Amerika Serikat melalui cultural dan academic exchange di Univ2 di Amerika. Beasiswa ini membantu emerging students dari berbagai negara untuk melatih sense of leadership dengan belajar dan berinteraksi dengan US culture and society. Beasiswa ini adalah non-degree namun tetap harus mengikuti segala ketentuan dari pihak host univ di Amerika seperti layanknya regular student.

Dikarenakan beasiswa ini lebih ke cultural ambassador, kita diwajibkan untuk mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh World Learning seperti belajar up to 12 credits setiap semesternya sesuai dengan jurusan kita, tinggal di dorm atau apartment bersama mahasiswa Amerika, wajib melaksanakan Community Service up to 10 hours setiap semesternya dan internship bagi Academic Year student (dua semester) di berbagai perusahaan atau institusi di Amerika selama satu semester.

Setiap grantee diwajibkan untuk melakukan monitoring skype setiap bulannya dengan advisor dari WL untuk mengetahui keadaan kita. Kita juga harus mengerjakan berbagai tugas seperti essay reflection setiap minggunya. Setiap grantee harus mengikuti workshop di Washington DC pada bulan December bagi yang mendapatkan Fall semester dan Maret bagi yang mendapatkan Spring semester dan satu tahun akademik. Intinya kita para grantee mendapat tugas double, baik dari kampus sebagai mahasiswa dan dari WL sebagai administrator kita.

Setelah lulus, kita menjadi Dept State Alumni bersama seluruh penerima beasiswa lainnya yang disponsori oleh US Dept of State.

3. Syarat mengikuti beasiswa Global UGRAD

a. Warga negara yang berpartisipasi dalam Beasiswa ini

b. Apply melalui US Embassy atau Fulbright Commission (AMINEF) di negara masing2. Mahasiswa terpilih pada dasarnya berdasarkan pada academic excellent, leadership potential, dan kesiapan untuk belajar di Amerika.

c. Tercatat sebagai mahasiswa universitas di Indonesia (public and private) dengan berbagai jurusan minimal sudah menyelesaikan satu tahun akademik (2 semester) dan tidak sedang menempuh tingkat akhir (semester 6 keatas)

d. Mempunyai nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS 5.0 tidak lebih dari 2 tahun

e. Tidak atau hanya sedikit mempunyai pengalaman pergi ke Amerika

f. Setiap applicant harus memilih satu atau dua semester untuk belajar di Amerika

g. Setelah program usai, setiap applicant harus kembali ke negaranya masing2, tidak menetap di Amerika.

h. Dokumen lengkap harus dikirim ke AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) sebelum

1 November setiap tahunnya.

CIMB NIAGA Plaza, Lantai 3
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Jakarta 12920
Telp. : 021-52961966; 52961977
Fax.: 52961962

E-mail: Indonesian Fulbright
infofulbright_ind@aminef.or.id

with Global UGRAD advisor

4. Apa sajaΒ manfaat dari beasiswa ini?

Kalau berbicara mengenai manfaat dari beasiswa ini tentu satu buku saja tidaklah mencukupi. Saya sebagai penerima beasiswa ini angkatan ke-4 (2011-2012) merasa inilah beasiswa exchange yang paling prestisius yang pernah saya dapat.

Ilmu, pengalaman, teman merupakan hal-hal yang sangat istimewa yang saya dapat dari program ini. Entahlah, saya selalu bersyukur bisa menjadi salah satu Ugraders, delegasi dari Indonesia. Baiklah, pasti tentunya penasaran mengenai hal2 yang diperoleh sebagai grantee beasiswa ini. Saya sebutkan beberapa hal pokok saja.

A. Belajar di Amerika selama satu atau dua semester plus English Intensive (kursus bahasa Inggris sebelum memulai kuliah) bagi beberapa grantee yang memungkinkan. Saya mendapatkan English Intensive selama 3 bulan dan satu tahun akademik di Humboldt State University, California.

Dari 10 orang grantee dari Indonesia, saya berangkat duluan (pertengahan Mei 2011) untuk mengikuti kursus ini pas Summer. Bagi saya, Summer English Classes merupakan pengalaman yang paling menyenangkan selama saya belajar di Amerika. Bagi yang penasaran akan ceritanya, bisa di baca di blog ini. Tapi tidak semua grantee bisa mendapatkan English Intensive.

Saya sendiri kurang mengetahui detailnya seperti apa, namun saya menyimpulkan mengapa saya menerima kursus bahasa Inggris dulu sebelum kuliah, mungkin karena nilai TOEFL iBT saya tidak terlalu mencukupi untuk masuk univ2 di Amerika. Waktu itu memang score iBT saya yang paling rendah dari dari 15 orang yang lolos ke tahap TOEFL iBT.

Lalu kenapa saya bisa keterima meskipun nilai iBT sayaΒ  rendah? God knows, mungkin ada beberapa hal lain yang membuat pihak di US sana (World Learning) memilih saya sebagai salah satu penerima dari 10 orang yang berangkat. Nilai Toefl memang bukanlah satu-satunya kriteria penilaian.

B. Tinggal di dorm atau apartemen bersama mahasiswa Amerika dan tidak perlu membayar segala biaya. Semua biaya dari tuition fee, housing+dining sudah dibayar oleh WL. Selama mengikuti beasiswa ini saya tidak keluar uang sama sekali kecuali untuk Medical Checkup dan membuat paspor ketika dinyatakan diterima. Segala biaya dalam proses beasiswa ini di tanggung oleh WL dan AMINEF. Intinya beasiswa ini free free free 100%.

C. Mendapat “gaji” bulanan (stipend) sebesar $300/ perbulan dan bisa lebih untuk bulan pertama (settlement allowance). Memang jumlah uang segitu tidaklah cukup untuk biaya hidup di Amerika. Tapi mengingat segala biaya pokok sudah ditanggung, uang segitu sudah sangat mencukupi untuk biaya laundry atau jajan pizza dan pulsa πŸ˜€

in front of the White House

D. Mendapatkan uang buku (book allowance) sebesar $350/ semester dan bisa lebih kalau harga buku2 kita melebihi jumlah itu. Tinggal email WL, maka reimbursement sudah masuk kerekening kita. Selain itu ada juga Cultural Allowance sebesar $250/ semester yang bisa kita gunakan untuk traveling keliling US. Tapi ingat, kita harus di foto dengan membawa “UGRAD Post” di depan hal-hal yang berbau American Culture seperti Museum, etc etc.

Kalau teman2 jeli dan hemat, uang buku sebesar $350 bisa masuk semuanya ke uang saku kita. Caranya belilah buku2 used yang jauh lebih murah secara online jangan beli di Book Store Campus. Ingat loh, harga buku di Amerika sangatlah mahal, satu buku ada yang seharga $300 lebih.

Pilihlah kelas2 yang tidak terlalu menuntut untuk membeli buku banyak dan mahal. Deketi juga kakak2 kelas yang kelasnya sesuai jurusan kita, lalu mintalah bukunya dengan gratis. Setiap semester, saya paling habis membeli buku $100 bahkan kurang, lumayan kan $250 masuk kantong kita karena kita tak perlu mengembalikan uang itu ke WL.

Setiap liburan yang menuntut dining hall tutup sepertiΒ  fall break, winter break atau spring break, kita mendapat uang lebih sesuai hari libur ($15/ hari). contohnya nih winter break yang mencapai 3 minggu lebih, kita bisa mendapat $800. Lumayan kan. Kalau temen2 pinter berhemat, pulang bisa membawa uang banyak. Tapi sayang saya ini hobi belanja online di Amazon atau Ebay. Jadinya saya pulang takkan membawa apa2 haha..

E. Tiket pesawat pulang pergi sudah di tanggung. Kita berangkat ke US sendiri loh karena setiap grantee akan mendapat univ yang berbeda dengan waktu keberangkatan yang berbeda pula πŸ™‚

F. Mendapatkan travel allowance sebelum pergi ke US. Bisa disimpan untuk keperluan di US, ga usah jajan selama perjalanan hehe

G. Mengikuti workshop di DC bersama seluruh Ugraders selama 4 hari dengan berbagai acara2 keren dan menginap di hotel mewah (Hilton). Tiket pesawat ke DC sudah di tanggung.

5. Proses Beasiswa Global UGRAD

Proses beasiswa ini selama satu semester (6 bulan) bahkan satu tahun bagi yang berangkat Spring Semester. Tentu prosesnya berbeda2 dalam setiap negara. Khusus Indonesia. Seperti inilah prosesnya.

A. Mengisi form application yang bisa di download di AMINEF – Global UGRAD 2014Β secara hati-hati dan teliti. Memang sedikit terasa ribet karena banyak hal yang perlu di isi. Tapi tenang, susah bukan berarti tak mungkin kan. Dulu pun saya merasa sedikit ribet dalam mengisi formnya karena ada beberapa hal yang tak saya mengerti. Bagi teman2 yang mau apply tahun ini dan ada beberapa hal yang tidak dimengerti, silahkan kontak saya baik melalui email maupun facebook. Dengan senang hati saya akan membantu.

B. Cara mengisi formnya harus dikomputer bukan tulis tangan, jadi usahakan isi dulu setelah didownload, kalo sudah selesai baru di print. Isi bagian essay (personal statement) dengan hati-hati dan penuh perasaan. Bagi saya, essay ini adalah hal paling essential dalam beasiswa ini. Jawablah setiap pertanyaan secara berurutan sesuai dengan yang tertulis pada aplikasi. Kemudian setelah itu, baru kembangkan menjadi sebuah essay yang coherent. Tapi ingat, jangan melebihi 500 kata sesuai intruksi. Bagi yang perlu banyak informasi mengenai cara menulis essay UGRAD, silahkan kontak saya πŸ™‚

NOTE:

Di form UGRAD yang baru ada tambahan 2 essays, jadi essaynya sekarang ada 3. So its gettingΒ tougher, and you must write all of them in an brief-but-interesting way. Ada juga beberapa additional questions related to placement ke univ2 di US. Essay mesti di tulis dikertas terpisah. Setelah selesai baru disisipkan.

C. Mintalah 3 buah surat rekomendasi, dua dari pihak kampus satu dari guru atau kepala sekolah di SMA atau bisa dari siapa aja yang mengenal kawan2 dengan dekat (pemimpin kantor jika sudah bekerja) tapi usahakan 1 atau 2 dari kampus dan Β 1 dari guru SMA. Sebenarnya boleh sih ketiganya dari kampus namun lebih beragam tentunya lebih baik. Usahakan dari orang2 yang tahu temen2 secara pribadi dan mempunyai kedudukan yang sangat berpengaruh di kampus. Kalau suratnya dalam bahasa Indonesia, tolong dilampirkan versi Inggrisnya. Kalau sudah beres, masukan masing2 surat kedalam amplop secara terpisah. Lalu rapihkan. Setelah itu, sisipkan segala dokumen yang dibutuhkan seperti yang tertera di halaman akhir form. Jangan ada yang terlewat ya.

Bagi temen2 yang belum tahu, Toefl ITP dan iBT itu berbeda. ITP merupakan Institutional Toefl Test resmi dari ETS (lembaga pengelola TOEFL test) di Amerika sana yang bisa temen2 dapatkan dari beberapa instansi resmi di kota temen2. Skor berbasis 325-660 dengan sistem PBT (paper based test). Ada juga sistem CBT (computer based test) tapi dengar2 sistem ini sudah jarang. Harganya sekitar 350rb. Kalau iBT merupakan test Toefl terbaru berbasis internet dari ETS. Harganya pun sangat mahal sekitar $175 dengan skor 0-120.

Oh iya, kalau temen2 pernah mengikuti “toefl like test” atau “toefl preparation,” itu bukan toefl ITP. “Toelf like test” cuma toelf test yang didesain oleh kampus temen2 agar temen2 familiar dengan soal2 toefl, jadi tidak boleh disertakan. Kalo temen2 sudah pernah mengikuti tes-tes semacan TOEIC dan lainnya, boleh disertakan juga, tapi tetep TOEFL ITP atau IELTS adalah yang paling wajib.

With my fellow Ugraders from Indonesia

Banyak juga yang ditanyakan apakah kita harus punya paspor dulu sebelum apply UGRAD, jawabannya tidak juga. Paspor bisa dibuat pada saat kita dinyatakan diterima. Tapi kan pada halaman depan form kita harus attach foto ukuran paspor? Insert Photo teman-teman dengan ukuran 2×2 inches sebelum di print.

Persyaratannya kita harus menempelkan foto hasil foto copy bukan original (lemme know if its changed). Kalau temen2 sudah punya passport, boleh di foto copy bagian depannya terus di masukan ke dalam berkas juga. Kalau belum ada boleh pake fot copy KTP.

Kalau semua sudah beres, fotocopy seluruh aplikasi menjadi tiga karena kita diharuskan mengirim 3 rangkap form aplikasi. Perintah ini ada di halaman resmi Global UGRAD di website AMINEF. Silahkan di cek karena barangkali sudah berubah. Pisahkan dengan menggunakan clip jangan di staple ya πŸ™‚ lalu masukan kedalam amplop besar berwarna cokelat. Setiap aplikasi harus memiliki seluruh dokumen yang sama.

SKHUN SMA tidak perlu di terjemahkan, cukup transcript saja yang harus ada versi Indonesia sama Inggris. Mintalah ke pihak kampus temen2 barangkali mereka provide transcript versi English, kalau tidak ya bisa di translate sendiri terus minta di legalisir pihak kampus. Nilainya tak perlu di rubah ke sistem nilai Amerika karena sistem penilaian GPA institusi di Amerika hampir sama dengan di Indonesia, menggunakan skala 0-4. Setelah semua beres dan yakin lengkap, baru deh dikirim ke Aminef melalui alamat di atas.

Jangan dikirim via email ya. Tapi ingat sebelum dikirim harus di check check check dan check terutama essay harus di edit edit edit dan edit. Menulis adalah sebuah proses dan tulisan yang sempurna dihasilkan dari beratus-ratus kali editing hehe.. Ingat loh essay ini essential jadi harus bener2 matang, clear, objective, dan brief hehe.. bagi yang mau konsul masalah essay, silahkan hubungi saya lagi ya, feel free to ask πŸ™‚

D. Kirim sebelum tanggal 1 November ya. Kalau sudah dikirim tunggulah pengumuman selanjutnya. Biasanya pengumuman bagi yang masuk ke tahap interview adalah awal atau pertengahan bulan December. Jadi tunggulah dengan sabar, banyak2 berdoa. Memasuki bulan2 Desember, rajin2lah cek email karena pengumuman dikirim via email. Kalau temen2 berhasil masuk ketahap interview, maka bakal ada notifikasi selanjutnya mengenai kapan dan dimana interview bakal dilaksanakan.

Bagi yang tidak berhasil, jangan berkecil hati. Cobalah tahun depan dan tetap berusaha. Banyak jalan menuju Amerika. Interview dilaksanakan di kantor Aminef di Jakarta sekitar 2 minggu setelah pengumuman. Jangan khawatir, uang transport ditanggung, begitu pula bagi temen2 di luar pulau jawa, tiket pesawat dan hotel sudah ditanggung.

E. Setelah interview, tunggulah lagi ya pengumuna ketahap selanjutnya yaitu tahap TOEFL iBT. Biasanya pengumuman ketahap ini adalah dua minggu setelah interview. Kalau ada email yang memberitahu temen2 untuk mengikuti iBT, maka itu berarti temen2 berhasil masuk ke tahap selanjutnya.

Ye selamat!!

Toefl iBT dilaksanakan sekitar akhir Januari di Jakarta bagi temen2 diluar pulau Jawa yang belum ada akses ke iBT. Bagi yang ada, maka dilaksanakan di kota masing2. Sekali lagi transport dan hotel ditanggung bagi yang terbang ke Jakarta. Tapi kan iBT sangat mahal sekitar $175, uang dari mana? haha dulu juga saya bertanya begitu, tapi tenang itu sudah dibayar, kita cuma persiapkan diri saja practice danΒ practice iBT. Bagi saya toefl iBT itu sangat lah menantang. Ada yang bilang setiap tahun yang lolos ke interview 25 orang dan ke iBT bervariasi ada 15 atau mungkin juga 20 orang, tergantung AMINEF.

F. Setelah iBT, inilah tahap2 yang paling membosankan karena kita harus menunggu sekitar 2 bulan untuk final announcement. Pengumuman final bisanya sekitar awal April. Setelah iBT, segala berkas kita dikirim ke WL di Washington DC. Merekal lah yang membuat keputusan final. Baru hasilnya di beri tahu ke Aminef lalu diberitahu ke kita melalui email. Kalau ada email dari Aminef, itu artinya kita sedikit lagi bisa terbang ke Amerika. Kalau tidak berarti belum saatnya. Email ini cuma berisi kita lolos ke Amerika tapi belum diberi tahu mengenai dimana kita bakal belajar karena kita masih dalam proses admission ke univ2 di Amerika.

Disinilah saat2 paling hectic. Kita harus bikin paspor, medical check up, dan ini itu. Make sure kalau kita sehat ya, kalau tidak, maka beasiswa ini bisa melayang. Jadi walaupun kita sudah dinyatakan diterima sebagai grantee tapi hasil medcheck kita jelek, ada kemungkinan kita batal berangkat. So kesehatan itu sangatlah penting.

Kalau segalanya sudah beres, maka kita bakal menerima email untuk mengikuti PDO (pre-departure orientation) di Jakarta, Bali atau Lombok bersama para grantee fulbright dan program lainnya dari US Dept of State. Saat2 ini adalah saat2 yang paling menggembirakan bertemu dengan orang2 luar biasa. Oh iya, kita juga harus mengikuti wawancara visa kalau paspor sudah siap. Dan ini juga salah satu penentu kita bisa terbang atau tidak ke Amerika.

Kalau visa temen2 ditolak atau pending, maka ada kemungkinan kita tidak jadi berangkat. Meskipun beasiswa ini dari Pemerintah Amerika, namun dalam urusan visa kita tetap diberlakukan sama seperti aplikan yang lainnya. Dulu entah kenapa visa saya pending, untungnya cuma satu minggu. Mungkin karena nama belakang saya agak Islam.

Visa pending tidak diketahui waktu kapan bisa keluar, bisa 3 hari, 1 minggu, 1 bulan, bahkan 1 tahun atau tidak selamanya. But be positive ya. Ingatlah Allah selalu bersama kita, jangan berhenti berdoa. Segala sesuatu bisa berubah bahkan pada detik terakhir iya kan, jadi selalu siap untuk hal2 diluar dugaan kita.

Sebelum PDO biasanya pengumuman nama univ kita keluar. Pada saat ini kita juga kita disibukkan denga berbagai requirements lainnya dari setiap univ kita yang tentunya berbeda2. Ada yang minta dokumen tambahan dan lain2. Kita juga sudah mendapat setumpuk PR yang harus dikerjakan sebelum berangkat ke US. Bagi temen2 yang mendapat kursus bahasa inggris dulu, fall semester atau satu tahun akademik, maka sudah dipastikan akan berangkat sekitar Mei-Agustus. Kalau temen2 mendapat Spring semester, maka harus menunggu sedikit lama karena berangkat sekitar awal Januari tahun selanjutnya.

Diawal berbiacara masalah secret, lalu secretnya apa? secretnya, terletak di diri temen2 masing2. Berusaha dengan keras dibarengi doa yang pernah terputus. Insya Allah kalau sudah jalannya maka beasiswa ini pasti akan datang ke tangan temen2.

Seperti itulah sekilas mengenai beasiswa Global UGRAD. Semoga bermanfaat bagi temen2 semua ya. Pertanyaan, kritikan dan saran silahkan komen di bawah ini ya, or simply send me email or chat on facebook. I would love to help you guys.. πŸ™‚

Saya berdoa bagi siapapun yang sudah membaca tulisan yang panjang ini dan berniat untuk apply dengan semangat berburu mimpi, semoga lolos dan menjadi the next grantees and welcome to UGRAD Family.

Β – NEW UPDATE GLOBAL UGRAD STARTING 2015 –

UNTUK GLOBAL UGRAD INTAKE TAHUN 2015/ 2016 DEADLINE MENJADI 6 FEBRUARY 2015 BUKAN 1 NOVEMBER 2015 DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM ONLINE TIDAK LAGI MENGGUNAKAN HARD COPY. UNTUK GLOBAL UGRAD 2016/ 2017 BELUM ADA INFO!

Tulisan ini murni opini saya berdasar pengalaman yang saya alami dan rasakan selama apply beasiswa ini. So, bisa jadi masih sama bisa juga berbeda. Sumber yang tentunya lebih akurat untuk mengajukan pertanyaan adalah AMINEF. Meskipun begitu, saya tetep masih bisa menampung berbagaiΒ queriesΒ dari temen2 dan akan menjawabnya se brief, clear danΒ accurateΒ mungkin πŸ™‚

*******

March 19, 2012

HSU Library, Arcata, California

Advertisements

209 thoughts on “Beasiswa Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD in a glance)

  1. Nice Blog! keep up the good work and Encourage more people in your country to Join this amazing program we are lucky to be part of!.

  2. This is really good, thank you very much. I’m actually planning to apply this year. Hopefully, I’ll get it. I have something to ask though, what are the questions they asked on the interview? It’s actually my main concern. Thank you πŸ™‚

    1. Cool!! and thats the most favorite question from the visitors πŸ˜€

      Its mostly based on your application, so make sure you know all the things inside your application, and you made it by yourself. And yes, you also have to know about the program itself πŸ™‚

  3. Hai, saya mau nanya apakah IP kita selama kuliah juga mempengaruhi penerimaan dalam beasiswa ini? Thankyou πŸ˜€

  4. Tulisan Kakak di blog ini sangat menginspirasi saya. Kebutulan saya ingin mengikuti program UGRAD tahun ini, bolehkah saya bertanya kpd Kakak via email atau FB?

    Terima kasih, salam kenal ya Kak Nanak.

    Regards,

    Dede Mahmuda

  5. kak Nanak, ini kayaknya hadiah dari Tuhan karna aku gak nyangka aku bisa bertemu sama kak Nanak yang udah punya pengalaman sebelumnya dalam mengikuti beasiswa ini. seneng banget kak, blog ini menginspirasi saya untuk ikut UGRAD tahun depan. hmm..

    nama FB kakak dan imel kakak apa?

    oia, kak.. mau nanya dong, pas interview itu pake bahasa inggris atau gimana? makasih banyak ya kak. aku niat banget buat ikut UGRAD ini. minta bantuannya ya kak buat bikin essay UGRAD.. makasih kaka

  6. haiii saya syaiful, boleh tau facebook atau twitternya ga? hehehe mau tanya tanya soal ugradnya, insyaAllah tahun ini mau apply

  7. wah..wah…keren kak.. πŸ˜€
    jd tmbah ngileer aja nih sama UGRAD.. ><
    mksh bgt udah ngasih tau gmn cara ngisi form nya…hampir aja tuh form mau q print trus isi pke tangan.. πŸ˜€

    oh ya kak,kan skrg sya kul smt 3 nih, nah klo seandainya thun ini gagal trus q nyoba lg smt dpan kmgkinan kn pas q smt 5,pdahal batas smt smpe smt 5 akhir..nah klo q brhasil otomatis q brgkat tepat q smt 6…gmn dong?ada harapan kah?? πŸ˜€

    ttg surat rekomendasi dari univ n sma itu isinya ttg apa aja kak?pke b.ing??

    1. youre welcome. Ayo2 semangat apply :p

      Thats the point kenapa UGRAD hanya eligible sampe semester 5 karena prosesnya sendiri kurang lebih 1 semester jadi nanti kalau apply di sem5 mahasiswanya tidak sedang di tingkat akhir ketika berangkat ke US, so kalau misal tahun ini ga lolos (mudah2an ngga ya), kamu tentu masih bisa apply lagi tahun selanjutnya. Biasanya apply yang ke 2 suka goal πŸ™‚

      Surat rekomendasi tentunya berisi rekomendasi tentang diri kamu kepada pihak panel beasiswa. Kaya menjual nilai2 positive yang ada di diri kamu tapi melalui perspective orang lain. So isinya adalah semua hal baik tentang kamu.

      Yep must be in English

  8. aslm… kak.. boleh minta alamat FBnya nggak??
    saya mau nanyak, untuk aplicationnya itu, ukuran kertasnya boleh A4 tapi di print letter size atau ukuran kertas folio dipotong 11 inch x 8,5?
    saya bingung seperti apa
    takutnya salah
    trimakasih banyak πŸ™‚

    1. hey Fera… Nanak Van Persie (fb)

      Well I dont really remember what I did last year, but as I slightly remember, I just print the form as it is, I mean maybe its A4 or letter. As I know, A4 is letter size, but better you ask the printer officer and show the the paper size to them. Im pretty sure they know it well πŸ™‚

  9. Hey..nice to meet your blog.. πŸ™‚

    sorry yah malem-malem ngisengin blog kamu. Okay, to the point aja. ak baru mau ngisi form Global UGRAD tahun ini dan akuterkejut dengan cerita kamu kalo itu butuh rekomendasi dari pihak SMA karna terus terang ak rekomendasinya dari dosen aku semua. Kira-kira bermasalah nggak??terus untuk yg legalisir itu di wajibkan??

    please answer. Thanks

    1. Hey Dora,

      Masih terkejut kah? haha well menurut peraturan memang seperti itu, dua dari dosen satu dari guru SMA. However, it doesnt mean it doesnt have any exception. If your high is really far from where you are now, having 3 rec letters from university would be just fine.

      Good luck!!

  10. yang dimaksud ijasah disini transkrip nilai dari SMA atau IPK waktu kuliah kakak??soalnya jujur, rumah saya dengan tempat saya kuliah jauh,..apa benar-benar dibutuhkan ijasah SMA itu???

  11. okay..i was completed recommendation meskipun harus bola-balik luar kota, it’s not problem now, i need your help to fill this application, I feel confuse especially at the end before essay. can you help me ?? I hope you will be happy and with pleasure you can help me (sangat berharap). do you know ?? i can’t sleep today just because tiba-tiba aku keinget formulirku belom kelar aku isi. so, with hope i ask for your help. Thank you

  12. oiah..1 more..sekarang kan aku lagi nyelesein toefl preparation nih..cuma aku baru dapet sertifikatnya bulan depan setelah tanggal 1november. how about it?? padahalkan harus di cantumkan.. haruskan aku mengikuti test toefl sendiri di luar pereparation aku or how??

  13. halo kak Nanak πŸ˜€
    I just finished in completing my application form and tomorrow I’m ready to send it. Btw, untuk yang di kolom terakhir ‘signature’ itu perlu ttd kita ga ya?
    Thank you so much for bringing a lot advances πŸ™‚

  14. halo mas persie, boleh tanya sertifikat toefl itp yang di attach itu yg fotocopy atau yang asli ya? kalo yang asli kan hanya ada 1 berarti saya ga punya arsip dong kalo dikasih 😦 terima kasih

    1. Hey Avie, the deadline is tomorrow so I dont think you will have sufficient time to prepare all the things. If you now are in the 2nd semester, you may want to try it net year.

  15. Permisi, maaf bg mau tanya,
    itu yg lolos seleksi berkas Global UGRAD 2013, dan msuk thap wawancara, mereka ud di wawancarain ya minggu lalu bang?
    terima kasih.

  16. Permisi, maaf, saya mau tanya,
    bg, applicant yg lolos seleksi berkas Global UGRAD 2013 dan masuk tahap interview, mereka uda diinterview minggu lalu ya bg?
    terima kasih.

  17. really inspiring blog πŸ™‚
    ngomong-ngomong kalau boleh tahu, mas nanak dulu sdh semester brp waktu apply di UGRAD?

  18. Salam kenal
    Your blog inspired me

    Sya saat ini di semester II dan berminat mencoba saat masuk semester III (sesuai syarat, btul kan?)….
    Yg jadi pertanyaan sya adalah:
    “Applicants should demonstrate leadership potential through academic work, community involvement, and extracurricular activities.”

    Kriteria “leadership potential” ini contohnya apa ya mas nanak? Apakah sperti join senat atau gimana?

    Thanks

    1. hallo Aldo. Ia benar sekali. leadership potential disini ialah segala jenis kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus yang bisa membentuk jiwa kepemimpinan seperti ikut klub, ukm, berbagai organisasi, dunia kerja dan lains ebagainya.

      1. Terima kasih balasannya
        Pengalaman kerja bisa juga rupanya? part time masuk hitungan tidak mas nanak?
        Sekalian satu lagi, hehehe…. Masalah essay yang saya tidak terbiasa (hal yang saya pikir American banget, karena dengar2 sekolah di US banyak nyuruh siswanya buat essay)

        Apa yang harus diisi di essay?

  19. halo salam kenal πŸ™‚
    Saya ingin bertanya kak Persie, kira-kira kapan ya akan dikeluarkan formulir uGrad untuk tahun 2014?

  20. iya bisa sepanjang kerjanya positif tentunya. ya intinya segala kegiatan yang bisa membentuk pribadi dan leadership. lebih banyak tentunya lebih bagus.
    Betul sekali kuliah di US menuntut banyak menulis. untuk UGRAD, perintah apa yang mesti ditulis ada di form aplikasinya x

  21. Halo Kak, great article and blog.

    I’m greatly interested in this program. Actually, i’ve planned to apply last year but it turned out that i missed the due date.As i recall, the program will be available for students in at max the 5th semester? I’m currently in 4th semester as this spring, so i’ll still be able to apply this year right (for the 2014 program)?

    I’ve already add your facebook, please kindly accept my friend request, as i’ve been waiting to be able to hear your advice and suggestion about the application process.

    Thank you

    1. Hey Pandu,

      Definitely you’re able to apply this year, but you have to wait for the official announcement of Global UGRAD this year.

      I didnt see your name on my friends request. Did I miss you?

  22. LUAR BIASAAAA !

    Aku mau coba nih
    Tapi TOEFL test yang diadain oleh univ.ku, masih bertengger di 430
    TOEFL test minimal 500 tuh sepertinya

    May I ask you? I see the form notice me something. For CCI Eligibility Requirements , there’s a note “β€’ Has not earned a bachelor’s degree or higher in the field of study the applicant is nominated to pursue. However applicants with a Bachelor’s degree are eligible if they are applying in a field different from the field of their degree and have relevant work experience in the field for which they are applying. ”

    In UGRAD, is there some special requirements? Oh ya, the last question
    Is this program being selective with the student who studying at higher rating of university in Indonesia? Soalnya saya berada di Universitas Sriwijaya, yang masih berada di bawah peringkat 10 besar univ di Indonesia. Dan saya akui, saya tidak berada di Jawa karena permasalahan finansial, dan saya terpaksa hanya melanjutkan pendidikan tinggi saya di Universitas Sriwijaya

    I want to search more things that related about education. Honestly, i’m being disapointed in Sriwijaya University, especially my economic department. I can’t get better education, than my private high school in Palembang, Indonesia.

    Please, share your experience to help me, hahaha
    Thanks in advance πŸ™‚

  23. Hei Michael,

    There is a special requirement for UGRAD that you may be eligible if you are at 2nd – 5th sem by the time you apply, so if you are in the 6th sem right now, you may not eligible.

    As UGRAD is under Fulbright program administrated by AMINEF, there’s no such discrimination. Every univ in Indonesia, private or public, small or big is welcome to apply. I even come from a small college in Bandung. So dont worry about that.

    Feel free to ask more πŸ™‚

  24. hey, this blog really inspired me a lot!
    i certainly was searching for exchange student, unknowingly open this website and starting to read it. first, i just want to know a little from what it said. but the more i read it, the more it influenced me.
    please kindly let me add your facebook’s account πŸ™‚

    1. Hai Ivana,

      Thank you for visiting my blog and glad it gives you a little bit inspiration to achieve your dreams. Im pretty sure by the time I wrote this, we are already a friend on facebook πŸ™‚

  25. Assalamualaikum, kak. I am currently in 2nd semester now but if I am not mistaken the 2nd semester will end around June this year so I have a chance to apply, right? because you say on your blog that we have to at least finished 2 semesters.
    And also, one of the eligibility of that program is for applicants to demonstrate leadership potential through academic work, community involvement, and extracurricular activities. I don’t have any academic work that demonstrate my leadership potential and I am not joining any extracurricular activities, but I am one of the members of Himpunan Mahasiswa (HIMA) in my major. My question is, can I fulfill that eligibility just by being a member HIMA? If not, what should I do about it?

    I’d be really grateful if you are willing to answer my question.
    Thank you

    1. Salam Ulfa,

      Thank you for visiting my blog. Yes you are eligible as long as you have received your a-year transcript by the time you apply since you need it as one of the requirements. However, please kindly wait for the official announcement of Global UGRAD this year.

      You may include your membership at HIMA and if you were also actively joining other organisations during high school, you may include them too. The more you join organisations the better since mostly it shows that you have a strong leadership skill.

      hope it helps and feel free to ask more πŸ™‚

    1. Dear Siwi,

      Im not sure about it, but for diploma graduates, you may want to apply for CCIP. Its a non-degree program. For better info, kindly visit aminef official web or simply send them email. Good luck πŸ™‚

    1. Unfortunately no. One of the main requirements is you need to have toefl score min 500. It doesnt have to be TOEFL iBT or IELTS (which are very expensive), but you need to submit toefl ITP score.

  26. Hello. Kalo ga punya pengalaman organisasi gimana ya peluangnya? Saya aktifnya di pencak silat, itu termasuk organizational experience bukan? Dan saya udah pernah ikut exchange ke negara lain sebelumnya, apakah itu akan mengurangi peluang saya? terimakasih.

    1. hai… sorry for the belated response.

      Banyak pengalaman berorganisasi tentu akan memberikan banyak poin plus. tapi itu bukanlah faktor penentu satu-satunya. Menurut saya ikut pencak silat juga merupakan bagian dari berorganisasi.

      Prioritas utama diberikan kepada yang sedikit atau tidak sama sekali bepergian ke USA, so I think that would be fine πŸ™‚

    1. Dear LC,

      Iya beasiswa ini hanya untuk mahasiswa saja. Ada beberapa program yang bisa kamu apply seperti CCIP atau Humprey Fellowship. Please visit AMINEF web for more info. Good luck ya πŸ™‚

  27. Assalamu’alaikum..Hii kak nanak…I’m very surprised with your blog and I wanna go abroad by scholarship..udah banyak nyari2 soal beasiswa undergraduate..tp Global UGRAD AMINEF ini yang paling mmbuat saya interested…saya sdang mnmpuh kuliah d Smester 2..dan insya allah berjuang utk mndapatkan beasiswa ini utk tahun depan..doa’in ya kak..:D
    Yg mau saya tanyakan..
    1.Toefl yg di adakan di kampus it tdk bisa di pakai utk syarat kak? Dan dimana bsa test toefl yg bsa buat syarat tsb? Yg di kumpulkan test toefl apa kak? Trus klo udh lulus thap brktnya baru d ksh test iBT kak?
    2.Boleh mnta tlong gak kaka..scara point2 kakak jawab apa2 aja berkas yg mesti di siapkan?
    3.Tranksip nilai nya itu klo sya sedang di smster 2 brarti nilai semester 2 ya?
    4.Saya sdg kuliah jauh dri kmpung halaman dan susah utk bsa k SMA,apa kah boleh memkai surat rekomendasi dri kampus? Dan saran kakak apa2 aja? 3 dosen? Atau 2 dosen + kampus?
    Ow ya, mohon bantuan nya nanti dalam mengerjakan essay ya kak,,:D
    Maaf banyak nanya kak..habis ini pertma kali bgt,,dan udh jadi slah satu cita2 saya bisa skolah k luar negeri…
    I hopefully,you can response my comment in your blog.
    Trima kasih..
    Wasalam

    1. Salam Garlanda,

      Sorry for belated response… Ill try to answer your questions πŸ™‚
      1. yes… harus toef ITP ya bukan toefl prediction/ toefl like test. coba cari di balai bahasa kampus kamu atau kampus di kota kamu atau tempat2 kursus bahasa Inggris berlisensi. iBT nanti ada di tahap selanjutnya.
      2. Siapkan formnya, copy ijasah, transkrip versi Indo and English, surat rekomendasi, toefl, passposrt (tidak wajib), isi form terutama essays nya yang perlu waktu.
      3. Transkrip harus sudah memuat IPK (IP 2 sem), so tunggu aja sampe kamu selesai sem2 dan dapat transkrip. biasanya semester itu berakhir sekitar juni kan ya so masih banyak waktu.
      4. Iya gpp 3 dari kampus juga.

      Feel free to ask more ya through my email van-persie90@live.com as I regularly check my email
      Good luck!

  28. mas.knpa visa kamu bisa di pending?
    apakah benar gara2 ada nama islam dibelakangny?
    bagaimana dengan yg berjilbab?is it ok?

    1. Hallo Isna,

      Saya kurang tahu masalah sebenarnya apa. Kalo masalah nama belakang yang agak Islami sih cuma sekedar rumor, jadi bisa benar bisa tidak.

      No problem… banyak kok grantee yang berjilbab. Its not somethin to be afraid of πŸ™‚

  29. Assalamualaikum Kak, mungkin saya agak telat, tapi saya tertarik untuk mengikuti program ini. Bisakah saya tahu email kakak atau FB kakak agar saya bisa dengan mudah bertanya? Terima Kasih

  30. Mas, saya mau tanya selain program UGRAD ini program exchange apa aja yg ada? Mungkin ke negara lain jg selain Amerika, Saya sering cari- cari informasi dari internet tp informasinya sedikit sekali. Mohon bantuannya πŸ˜‰

    1. Hallo Indah…. sebenarnya banyak program exchange itu namun umumnya tidak fully funded dan atau exchange terse but harus sudah ada kerjasama antara univ kamu dan univ luar (mereka sudah punya perjanjian). So kamu bisa tanya kampus kamu apakah punya agreement dengan kampus luar untuk exchange πŸ™‚

      1. Tips nya harus sering latihan dan mengenal format serta sistem tes itu sendiri. Dengan mengenal sistem dan formatnya maka kita akan dengan mudah mengidentifikasi jenis soal2 toefl. Selain itu bisa juga membeli buku toefl. Saya rekomendasikan untuk toefl ITP beli buku Cliffs sedangkan untuk TOEFL iBT beli yang Baroons… harganya lumayan mahal sih. tapi bsia beli di toko buku diskon etc etc.

        Setelah itu, gunakan buku itu sebagai bahan latihan dan tentunya lewat online juga. ada banyak situs yang menyedikan toefl practice yang free πŸ™‚

  31. terimakasih, ceritanya sangat inspiratif kak πŸ™‚
    oya, saya mau tanya.. kalau boleh tahu, kakak ikut yang 1 atau 2 semester ya? Lalu berapa lama kakak ambil cuti kuliah?
    saya berencana untuk mendaftar Global UGRAD, tetapi ayah saya kurang setuju karena takut masa kuliah saya terlalu lama bisa sampai lebih dari 1 tahun jika saya mengikuti program ini.. Terimakasih sebelumnya πŸ™‚

  32. mau nanya ini kan ada syarat kita harus punya contact buat kalo kalo terjadi emergency situation di US sana, nah kalo kita gak punya keluarga atau teman di US gimana? soalnya sayaratnya emergency contact ini harus tinggal di US, apa di isi alamat KBRI aja ya? THX

    1. Hallo Ega,

      Persyaratan US contact tidak menjadi suatu kewajiban kok. You may leave it blank if you dont have anyone there. Lemme know if you need some help πŸ™‚

  33. Asslamualaikum.
    Bang Nanak, mohon bantuannya yaa saya mau nanya2 ttg pengisian berkas2 beasiswa ini. Tolong accept friend request di facebook πŸ˜€ thanks

  34. aku udah di ssmster 6, syg bgd g bs ikud nge-apply. kamu tahu info beasiswa yang sama sederhananya dg ini nggak? maksd aku yg nggak ada syarat IPK secara terang-terangan di persyaratannya. hhe.. soalnya yg selama ini aku dpt persyaratan utama udh IPK. jiper duluan dewh _ _”
    thx

    1. hallo Irfan,

      Mungkin kalo sekarang sudah sem 6, kamu bisa apply buat master degree via fulbright atau pun yang lainnya. bisa juga ikut pertukaran pemuda (PPAN) sesuai dengan provinsimu.

      Good luck ya πŸ™‚

  35. Assalamualaikum Bang Nanak, mau tanya, sekarang saya lagi di semester 5, nah kan 1 november 2013 sebentar lagi, mau tanya mengenai Score TOEFL nih Bang, kira2 tempat tes TOEFL yang murah tapi bisa diterima sama AMINEF dimana ya Bang? Trus kalo misalkan hasilnya dibawah 500 apakah mungkin lolos kalo tetep apply pakai score tersebut? mohon balasannya ya Bang, ato bisa di email saja ato via Facebook, saya sudah add Abang.

    Terima kasih

  36. ka mau tanya untuk program ini kan ada yang menyertakan surat rekomendasi dari kampus juga, tapi untuk yang baru saja lulus sma gimana kak? terus untuk tes TOEFL ITP atau iBT kita bisa tes dimana?

    terima kasih kak ^^

  37. Ass.wr.wb
    Hai kak :3
    rencananya sya mw ikut yg thun dpn soalnya sekarang msh smstr 2, blognya kakak menginspirasi dan lengkap sekali makasi infonya, bs minta no hp atw pin BB gak kak atw via fb ?? mw nanya2 bwd preparationnya :3
    Makasii kak :3

    1. Salam ???

      Haha… namanya siapa ya? btw thanks udah mau berkunjung and glad you liked it.

      saya tidak pake bb paling wassup ya atau via fb aja. Fb nya bias di add di blog ini πŸ™‚

  38. Assalamu’alaikum. Kak, I’m dedy. now, I’m sophomore student at one of universities in Jogja. I’m so eager to enroll for the next AMINEF 2015. but, the form for the aminef 2015 is not available. and I’ve added your fb account and need your confirmation kak. do you where I have to download the form? is there any tips to make excellent essays kak? thanks alot before.
    wasssalamau’alaikum wr.wb.

    1. Salam Dedy,

      Thank you for visiting my blog. There’s no any official announcement yet for Global UGRAD 2015. Thats why the form is not available yet. You might need to wait until August or Sept for it πŸ™‚

  39. Halo kak, thankyou banget blog nya really inspiring, kebetulan kemarin lagi iseng2 cari exchange program dan menemukan Global UGRAD ini wah pingin banget! Tapi form untuk tahun 2015 belum ada ya sepertinya kak di website AMINEF ?

    Oh ya kak yg ingin aku tanyakan kalau kita punya pengalaman organisasi perlu kita lampirkan sertifikat2 kegiatannya gak kak? Dan kalo perlu apakah perlu di translate ke english?

    Sambil menunggu form nya di publish apa yg harus aku persiapkan dulu ya kak selain TOEFL?

    Thank you sebelumnyaaa ya kak πŸ™‚

    1. Hi Stefanie,

      Thank you ya udah visit my blog. Form memang belum ada karena belum ada kejelasan mengenai keberlanjutan beasiswa ini. Nanti saya akan coba tanyakan ke AMINEF.

      Untuk serti, tidak perlu disertakan sebenarnya.

      Boleh silakan karena toelf itu penting kalau ga buat ugrad bisa untuk yg lain πŸ™‚

  40. Mister, kindly please check your email. And please accept my friend request on Facebook too. I have tons of questions to ask! The deadline is eventually approaching… so would you like to help me complete my submission? 😦

  41. Tulisannya menginspirasi saya untuk mengikuti program exchange ini. Saya mendapat informasi kalau saat ini sedang open application sampai tanggal 27 Februari 2015. Kalau kita lulus, apakah kita bisa transfer kredit/sks ke home university kita? Lalu apakah jika semester 6 bisa apply program ini? Terima kasih

  42. Kak mau nanya dong, kan aku insyaallah mau daftar buat global ugrad exchange tahun 2015-2016 ini. Baru ngisi2 form siih sbnrnya. Tp aku bingung kalo mau bikin essay yg bagus kayak gmana ya? Mkasihh

    1. Essay yang bagus itu yang dari hati, feasible dan eye catching. maksudnya isinya menjawab apa yg ditanyakan, feasible artinya bisa dilaksanakan dan alasannya jelas ketika kamu mengemukakan sebuah masalah, start dari yang sedang kamu geluti atau lingkungan kamu.

  43. hallo ka,, seneng bisa nemu blog ini hehe rencana pengen apply beasiswa ini nih ka, tp agak bingung untuk ngisi formnya,, help me please

  44. Kak, saya mau coba apply ugrad tahun ini, boleh minta bimbingan buat essay yg bagus? Bisa minta kontak email, facebook, atau sosial media lainnya? Makasih.

      1. salam kenal kak..
        kak, ini mau nanya, apakah sertifikat TOEFL itu wajib? soalnya saya daftar Tes TOEFL, tapi baru bisa dapat sertifikatnya setelah tanggal 6 Februari (due date UGRAD), apakah boleh dikirim setelah itu?
        mohon sarannya ya kak..trima kasih.

      2. Saya mau bantu jawab nih. Kebetulan saya sendiri juga ga ada sertifikat TOEFL-nya. Yang saya pahami dari application instruction, melampirkan hasil tes TOEFL itu ga wajib. Untuk applicant yang ga melampirkan sertifikat, ntar paling ada tes TOEFL lagi yang diselenggarakan oleh pihak mereka.

        Semoga membantu. πŸ™‚

  45. Hi guys,

    Sertifikat toefl wajib di lampirkan ketika telah selesai daftar. Kalian kan mesti kirim email notification ke aminef, nah sertificate toefl nya disertain bersama dengan email tersebut. kalo belum ada.. tolong tulis aja diemailnya bahwa serti menyusul πŸ™‚

  46. Halo kak, udah baca artikelnya nih hihi sungguh mengaggumkan. To the point ajayah kakk, saya dan teman saya akan ikut coba untuk submit berkas, nah maksudnya yang di print itu apa ya kak? Hihi makasih banyak kak πŸ™‚

  47. Asaalamualaikum kak, sorry if i bother you, i just wanna ask something, if my toefl score is below 500, is still there any chance to me? And i wanna add your fb acc, please accept ya hehe thanks a lot. Waalaikumussalam

  48. min,,ane udah test toefl dapet 430 😦 enaknya test lagi apa kagak? kalo test lagi ntar takutnya sertifikatnya baru keluar setelah tgl 6 enaknya gimana min ane bingung nih

      1. ok makasih min terus saya mau tanya lagi nih aku kan masih semester 4 berarti aku harus ngupload nilai IP dari semester 1 sampai 4 kan? terus fotocopy ktp nya harus berwarna kan? maaf kalo saya kebanyakan tanya

  49. Halo kak Nanak (?) Akhirya saya nemuin blog orang Indonesia yang cerita tentang program ini, terima kasih buat saran dari pengalamannya hehe.

    Oiya anyway jadi saya sekarang lagi semester 6, dan deadline pengumpulan form tanggal 27 Februari 2015, nah berarti kemungkinan program ini kalau berlangsung bakal sekitar satu tahun ya kak dan selesainya sekitar Mei tahun depan? Terima kasih banyak!

  50. I have accepted to attend the interview on Feb 7th 2015… what’s the standard of TOEFL iBT test after the interview? What you got for your score? Any tips for me to pass through the interview? thank you, such a great article anyway.. I need your answer soon, I’m too nervous since the interview day is getting closer.

    1. Hi Kitara,

      Congrats on your selection. Such a good news. Anyway… there’s no such minimum score for iBT but you must get a decent one to smooth your admission into US univs.

      Interview? Be confident and make sure you know well of what you’ve written on your application as the questions will mostly based on it. And make sure you understand the reason you join this program, what you wanna gain and your contribution back home πŸ™‚

  51. What a great experience!! Thank you for sharing your experience, it motivates me lot. I’m planning to join this program this year, wish me luck^^ btw, can I ask your other social media? In order to ask you more questions πŸ™‚

  52. What a great experience!! Thank you for sharing your experience, it motivates me a lot. I’m planning to join this program this year, wish me luck^^ btw, can I ask your other social media? In order to ask you more questions, hihi thankyou πŸ™‚

    1. Hi Rizka,

      Thank you for visiting my blog. FYI, Global UGRAD this year has been closed last month because the deadline changed into February. You may join it next year. I haven’t updated my blog, so sorry for the wrong information.

      you can add me on FB “Nanak Van Persie” πŸ™‚

  53. Info’nya sangat bermanfaat. Makasih ya..
    saya mau bertanya, apakah saat sedang mengikuti program tersebut di US, kuliah kita sebelumnya di indonesia berstatus cuti ?

  54. Hi, terima kasih atas informasinya. Saya berniat untuk apply buat yg tahun 2016-2017, saya boleh minta kontak sosmednya? soalnya masih banyak yg mau saya tanyakan. makasih πŸ™‚

    1. Hi Anggia,

      Thank you for visiting my blog. For this year intake, please wait the update in October. Later, you may download/ register for the application on AMINEF’s web :))

  55. Halo Kak, sebelumnya kenalkan saya Laras.

    Wah, infonya sangat membantu, terima kasih sudah share. Dan saya ingin bertanya,

    1. Aspek yang dilihat kan bukan hanya dari TOEFL dan IPK, tapi juga dari kepemimpinan dan organisasi. Saya termasuk orang yang kurang dalam berorganisasi. Dengan waktu pendaftaran yang tinggal 3 bulanan lagi, kira-kira aspek apa lagi yang bisa mendukung saya untuk aplikasi ini?

    2. Kalau diterima di program ini, otomatis kita meninggalkan kegiatan perkuliahan di kampus kita selama 1 atau 2 semester, kan? Mengenai hal ini, apakah kampus memang sudah memberi kelonggaran atau kita harus mengambil cuti atau bagaimana?
    3. Bolehkah saya tau Facebook atau email kakak untuk tanya-tanya lebih lanjut soal ugrad?

    Terima kasih

    1. Hi Laras,

      Sorry for taking a bit time to respond to this. Untuk pertanyaanya

      1. Sebenarnya beasiswa tidak mengedepankan satu faktor saja. Semuanya saling mendukung satu sama lain. Kalau mereasa aktifitas organisasi kurang, bisa dikedepankan hal lainnya seperti essay, IPK dan TOEFL.
      2. Untuk permasalahan cuti itu tergantung kebijakan univ masing2. But yes.. nantinya kamu mesti cuti.
      3. Sure.. add me on FB “Nanak van persie.”

      Hope it helps :)))

  56. Hallo kak bisa minta kontaknya? tahun ini rencana saya akan mengikuti seleski AMINEF tapi saya masih “buta” dengan segala persyaratannya. ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan…..kaka punya email/facebook mungkin?

  57. Hello ka, i’m really glad to find your blog^^ very inspiring! Ka, aku rencana nya mau daftar ugrad yg bakal buka tanggal 2 november ini, disana kan mereka minta essay personal statement ya ka? Personal statement itu maksudnya essay yg seperti apa ya ka? Kita harus menceritakan apa disana? Lalu apa cuma personal statement aja kah yg diminta? Atau masih ada essay essay dengan topik yg lain? Thanks before 😊😊

    1. Hi Meilita,

      Thank you for reading my blog and glad that you find it very helpful.

      Personal statement untuk UGRAD nanti bakal ada perintahnya kok. Jangan khawatir. Nanti tinggal tulis aja apa yang diminta.

      Biasanya bakal ada 3 essay tentang dirimu, leadership dan apa yang ingin di pelajari di US.

      Let me know if you need any more helps πŸ™‚

      1. thanks for your answer ka πŸ™‚

        later on, after i write my essays, would you like to help me revise them please??

        oh ya, one more question ka, sekarang ini aku lagi usaha untuk dapetin letter of recommendation dari dosen, but my lecturers just ask me to write it and then they will sign it. is it ok ka? is the letter of recommendation will be an important consideration for my application? because I’m not confident enough about my letter of recommendation ._.

  58. selamat pagii. alhamdulillah nemu blog ini pas cari tentang info lebih lanjut tentang UNGRAD.

    mau tanya ya (seneng banget liat semua komentar dijawab..baik banget): di kampus ada TOEFL equivalent namanya. itu termasuk preparation ya? terus apa setelah kita kembali lagi ke kampus bisa lanjut ke semester 7 atau mengulang semester yg udah kita tinggalin selama masa studi di Amrik? hmm sibuk banget kah di sana dengan sgeepok tugas dari sana sini??

    1. Hi lagi Atinoq haha..

      Iya boleh kok pake TOEFL itu. make sure masih berlaku ya (2 tahun dari tanggal tes).

      Tergantung kebjakan kampus masing2. Ada yg bisa transfer nilai ada yang ngga.

      Lagian skrg cuma satu semester sih. Gpp kalo ga bisa transfer juga. Pengalaman kesana udah lebih dari cukup πŸ™‚

  59. oiya ada pertanyaan yg kelupaan..
    saya termasuk mhsiswa yg pasif di bidang ekstrakulikuler atau komunitas, gmn sy ‘menjual diri ya?

    terima kasiiih
    (lanjutan surat atinoq)

  60. Haii Ka Persie, blognya sangat membantu dan menginspirasi sekali terimakasih:)
    Btw boleh minta emailnya ka? I think I need your help

  61. I can’t reach you through email, I dont know why it failed to send.
    I got the problem with the TOEFL ITP certificate.
    I cant submit the certificate on time (31 Dec 2016) because now I’m in Korea will return to Indonesia at the end of this year. The test will be held on early January as soon as I can find.
    Based on your experience, may I submite late? I’ve trying to reach them through email but no response.
    What should I do then?
    Hope you can response. Thank you in advance!

  62. Hello kak, saya InshaAllah apply ugrad tahun ini, saya mau nanya kak, di form nya ada perintah “list any subject and courses you want to take”, apakah subject and courses itu sama saja, atau ada perbedaannya? Hope you can response, Terimakasih sebelumnya

  63. Hallo kak.Mau tanya apa program tsb diperuntukkan untuk mhs. univ (S1) saja atau bisa juga untuk mhs.politeknik(D4)
    Trimkasih banyak:))

  64. Hi kak Nanak! aku mau nanya, aku sekarang kan semester 2, nah pada saat pendaftarannya buka (sekitaran nov) saya sudah menyelesaikan smt 3. dan proses aplikasinya kan kurang lebih 1 semester kan?(cmiiw) lalu jika saya kesana pada saat saya semester 3 atau 4, dan misalnya saya disana selama 2 semester, apakah saat saya kembali ke univ saya yg disini saya mengulang kembali semester atau bisa melanjutkan? jadi intinya apakah waktu lulus saya bisa ‘meler’ krn ikut program ini? bagaimana dgn kakak? apakah saat kembali ke univ disini harus mengulang lagi atau bisa transfer nilai saja? terimakasih, jawabannya saya tunggu kak

    1. Hi Aulia,

      Thank you for reading my blog. Untuk masalah ngulang semester atau tidaknya itu tergantung kebijakan kampus kamu disini. kalau kamu ambil jurusan linear dan bisa transfer nilai, kamu tak perlu ngulang (likely). Tapi kalau ambil beda jurusan, kemungkinan ngulang. Saya dulu ngulang 3 semester.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s