My Doors to USA

My Doors to USA I (Global UGRAD 2011-2012)

“Sebuah memoir perjalanan panjang untuk menggapai sebuah mimpi belajar di negeri orang. Tulisan ini menceritakan seorang anak desa nan udik dengan segala keterbatasan namun bisa melangkahkan kaki untuk meninggalkan jejak-jejak kecilnya di negeri Paman Sam, sebuah negeri yang dulu dia lihat di buku atlas kumal di desa nun jauh disana. Bermimpilah, gapai dengan usaha dan doa yang tak pernah terputus. I dedicated this humble piece of memoir to all people I love who helped me to be who I am now.”

First Door : “Niat yang tulus”

“All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.”

 (Walt Disney)

This song accompanied my days in USA. A song from Maher Zain.

Thank You Allah

By: Maher Zain
I was so far from you
Yet to me you were always so close
I wandered lost in the dark
I closed my eyes toward the signs
You put in my way
I walked everyday
Further and further away from you
Ooooo Allah, you brought me home
I thank You with every breath I take.

Alhamdulillah, Elhamdulillah

All praises to Allah, All praises to Allah
Alhamdulillah, Elhamdulillah
All praises to Allah, All praises to Allah.

I never thought about
All the things you have given to me
I never thanked you once
I was too proud to see the truth
And prostrate to you
Until I took the first step
And that’s when you opened the doors for me
Now Allah, I realized what I was missing
By being far from you.

Alhamdulillah, Elhamdulillah
All praises to Allah, All praises to Allah
Alhamdulillah, Elhamdulillah
All praises to Allah, All praises to Allah.

Allah, I wanna thank You
I wanna thank you for all the things that you’ve done
You’ve done for me through all my years I’ve been lost
You guided me from all the ways that were wrong
And did you give me hope

O Allah, I wanna thank you
I wanna thank You for all the things that you’ve done
You’ve done for me through all my years I’ve been lost
You guided me from all the ways that were wrong
I wanna thank You for bringing me home

Alhamdulillah, Elhamdulillah
All praises to Allah, All praises to Allah
Alhamdulillah, Elhamdulillah
All praises to Allah, All praises to Allah.

                                                               ****

the Global UGRAD Grantees 2011-2012

Masih teringat dalam benakku bahwa 5 April 2011 adalah salah satu hari yang paling membahagiakan dalam hidupku. Di hari itulah ketika secara tidak sengaja membuka email, ternyata ada sebuah email masuk baru dari AMINEF yang menyatakan bahwa aku akhirnya terpilih sebagai salah satu delegasi dari Indonesia untuk berpartisipasi dalam program beasiswa Fulbright 2011-2012 Global Undergraduate Exchange Program ( Global UGRAD ) selama 2 semester, plus English Intensive selama 3 bulan sebelum memulai akademik.

Sungguh!!

Antara rasa bahagia, rasa tak percaya, dan rasa syukur yang tidak tergambarkan bercampur aduk saat itu. Untuk mendapatkan beasiswa yang hanya untuk 10 orang terbaik se-Indonesia ini, aku harus melakukannya secara “berdarah-darah” dengan berbagai keterbatasan dan ketidakmampuan. Menjalani step demi step selama kurang lebih 6 bulan semenjak deadline tanggal 1 November 2010 lalu.

Kawan.. ijinkan aku mengisahkan perjuanganku untuk mendapatkan beasiswa ini dimulai dari awal. Semoga kisah ini bisa bermanfaat bagi semuanya.

Bermimpilah! gapailah semua itu dengan doa dan usaha yang tak pernah terputus.

me and my best mate

*****

There it goes!

Okay!!

Cerita dimulai pada hari Senin 4 Oktober 2010. Hari pertama kuliah setelah libur semester akhir kurang lebih 3 bulan. Suasana kampus masih sepi. Meskipun kampusku terbilang kecil, tapi tak sesepi hari itu. Banyak mahasiswa yang masih berada di kampung halamannya, dan banyak pula dari mereka yang memperpanjang liburan mereka sendiri.

Haha.. mahasiswa jaman sekarang 😀

Perkuliahan pun masih belum stabil. Hari itu hanya dipenuhi jabatan dari satu tangan ke tangan yang lain. Pegel sekali rasanya, tapi tak apalah toh setahun sekali kok.

Tiba-tiba sahabat dekatku di UKM ASES (STBA Debating Club) Lewinda Jotari (atau biasa ku panggil  “mate” karena saking dekatnya) memberi tahuku tentang sebuah beasiswa pertukaran mahasiswa ke USA bernama UGRAD. Pada saat itu aku masih bigung apa itu UGRAD karena selama ini aku tahunya cuma IELSP doank yang syaratnya harus udah semester 5 keatas. Poster tentang beasiswa IELSP yang memberikan kelas bahasa Inggris intensive selama 2 bulan selalu terpajang di mading kampusku. Aku dan Jota memang mempunyai banyak kesamaan, terutama tentang mimpi-mimpi kami untuk menjelajahi belahan dunia yang lain.

We are the dreamers!!

Aku pun segera searching mengenai UGRAD ini. Wah ternyata bagus sekali, Fulbrigt punya, itu kan bergengsi sekali. Segera aku download form nya. Tapi ada satu masalah yang cukup sulit, syarat untuk mengikuti beasiswa ini harus mempunyai nilai TOEFL ITP min 500.

Walah..!!

Aku masih asing banget sama yang namanya TOEFL. Kebingungan pun masih terus berlanjut, aku dan Jo masih bingung dengan form nya, agak rumit dan.. banyak sekali yang harus diisi dan dipersiapkan. Okelah akhirnya kita berargumen sekena kita dan untuk essay-nya, kita meminta sedikit petunjuk dari kajur English Department.

TOEFL ITP Test Result Sample (www.toeflitp.com.hk)
TOEFL ITP Test Result Sample (www.toeflitp.com.hk)

Kesulitan lain datang lagi, ternyata biaya TOEFL ITP cukup mahal, sekitar 325 ribu dan cuma ada sebulan sekali di minggu ketiga. Waduh deadlinenya sendiri tanggal 1 November. Yang aku tahu saat itu ITP resmi cuma ada di UPI sekitar akhir bulan, dan hasilnya sekitar 10 hari baru keluar.

Nah lho!

Pasti ga akan cukup waktunya, belum lagi uang segitu dari mana. Uang gaji kerjaku dan dari orang tua sudah habis untuk bayar kuliah semseter baru. Dengan bermodal nekat, akhirnya aku pinjem uang ke temen dan segera register ITP. Yang penting harus sudah register dulu. Kemudian aku email AMINEF untuk masalah hasil Toefl. Ku jelaskan bahwa hasilnya baru keluar sekitar tanggal 5 November.

Ternyata mereka merespon dengan sangat baik dan mengatakan bahwa hasil Toefl boleh menyusul. Alhamdulialh.. Allah membuka pintu kemudahan pertama untukku dan Jota. Sekarang tugasku tinggal mengisi essay sekitar 500 kata dengan baik dan tentunya belajar Toefl. Aku pinjem buku toefl Clipps punya Jota dan beberapa buku dari perpus. Essay sudah ditulis walaupun dengan seadanya karena minim bimbingan. Aku cuma mengisi apa adanya sesuai dengan penerjemahanku yang tentunya masih amatiran. Belajar Toefl terus berlanjut setiap malam bahkan pada malam2 bulan Ramadhan.

*****

TOEFL Day

Singkat cerita, hari pengadilan Toefl pun akhirnya datang. Aku pergi ke Balai Bahasa UPI bersama teh Monic dan teh Dita yang akan mengikuti beasiswa IELSP. Namun tes kurang berjalan dengan baik. Pertama pada sesi Listening kasetnya ngadat dan beberapa bagian missing. Kedua pada sesi Grammar, perasaan waktunya malah kurang dari waktu yang seharusnya. Alhasil ada sekitar 8 soal yang tidak terisi.

Pasrah!!

Selama perjalanan pulang kami mengeluh tentang Toefl tadi, tapi ya hanya bisa pasrah saja. Ku serahkan semuanya sama Allah. Semoga dapat skor minimal 500 walau agak ragu juga mengingat banyak soal yang tidak terisi akibat.

huhuhu…

Sedih juga rasanya. Gimana kalo hasilnya dibawah 500? Tentunya buyar sudah semua ini. Tapi aku tepis jauh-jauh prasangka bedebah itu. Allah pasti akan memberikan yang terbaik. Sekarang aku harus fokus sama dokumen yang harus segera diserahkan dan segera meminta surat rekomendasi  dari 2 dosen dan satu guru SMA.

Recommendation Letter

Atas saran dari rekan-rekan di UKM ASES, aku meminta surat rekomendasi ke:

  • Prof. Ilyas Purakusumah (terimakasih banyak ya prof atas segala nasihat dan surat rekomendasinya),
  • Surat kedua aku ajukan kepada ketua jurusan Ibu Iim (terimakasih banyak atas segala bimbingannya ya bu).
  • Dan yang terakhir aku ajukan kepada guru SMA ku Bu Tety yang sudah aku anggap seperti ibu sendiri .

Berhubung jadual kuliah padet, aku ditemani Agit (Nuhun pisan Git sudah mau menjadi ojekku dan bersedia mengantarku kemana-mana selama proses beasiswa ini) sore-sore pergi kerumah Ibu Tety untuk meminta surat rekomendasi ketiga (Terimakasih banyak bu, semoga Allah membalas semuanya, amin).

bec8b3e0a1ce9337ef2e51c2e40094700040fdd7dde1dfc7247e231a6c26ec8f

Alhamdulilah, semua surat beres tepat pada waktunya. Karena Deadline tanggal 1 dan tidak memunginkan mengirim lewat pos (meskipun bisa satu malam tapi kami agak kurang percaya sama tukang Pos hahaha…).

Bisa aja kan terjadi apa2 di jalan. Misal suratnya hilang atau malah terkirim ke luar pulau Jawa, kan bisa berabe. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Jakarta dan menyerahkan secara langsung ke kantor AMINEF. Disnilah perjuanganku dengan sahabatku Jota dimulai.

*****

To Be Continued

Creekview Apartment, Fern Hall, May 29, 2011 @ 10 p/m

Advertisements

8 thoughts on “My Doors to USA I (Global UGRAD 2011-2012)

  1. subhanallah kn adikku? 🙂

    jet-lag gak?
    jgn lupa yaa… belajar, bermain dn berpetualang dgn seimbang..
    kunci paling ptg bljr di US adl ‘iqra’… hehehe jgn smbarang tanya sblm usaha..
    berusaha minimal dgn membaca…
    tulisan selanjutnya te2h tunggu yaa…

  2. wahahahhaa, i just read it, you choose to went to aminef office directly than give it to POS, wahahaha
    i just feel, it’s the same idea as mine,
    it would be more exciting and trustable than give it all your trust to someone else.
    hoho, of course you made it, huh? 😛

  3. hi kak nanak, aku dina.
    setelah aku baca tadi, aku tertarik banget untuk segera apply aplication form nya tahun 2014
    mau nanya tentang lamanya program
    apa setiap orang dibebaskan memilih satu atau dua semester plus english intensive selama 3 bulan atau dipilihkan oleh aminef ya?
    trus mengenai universitas di amerika nya itu kita yang memilih atau dari randomly?

    ditunggu ya kak balasannya.
    makasih banyak kak

    1. Hi Dina,

      Setiap applicant boleh memilih durasi program 1 atau 2 semester tapi keputusan akhir ada sama orang2 di USA. Untuk univ juga sama nanti dipilihin sama orang2 di US 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s